5 Status Facebook Paling Viral Dari Afi Nihaya Faradisa

Tahun 2017 lalu, Afi Nihaya Faradisa, seorang pelajar SMA asal Banyuwangi, Jawa Timur, sempat membuat gempar jagat jejaring sosial Facebook berkat unggahan demi unggahan statusnya yang menjadi viral. Siswi yang bercita-cita menjadi seorang penulis itu kerap mengunggah kalimat-kalimat bijak yang kemudian banyak disebarkan pengguna lain hingga viral dan menjadikannya populer.

Unggahan Afi Nihaya Faradisa Paling Populer

Meskipun beberapa netizen memberikan bukti konkrit bahwa semua kalimat bijak yang diunggah oleh Afi merupakan hasil plagiat dan lantas membuatnya yang semula dikagumi menjadi dicaci, tidak lantas meredupkan popularitasnya hingga ia pun diundang ke berbagai stasiun TV. Berikut adalah beberapa status unggahan Afi Nihaya Faradisa yang paling viral :

  • Status Agama Warisan

Status Agama Warisan

Tepat ketika kisruh kasus dugaan penistaan agama oleh Pak Ahok tengah panas dan membagi rakyat menjadi dua kubu, unggahan status tentang “agama warisan” dari Afi Nihaya Faradisa mendadak viral. Dalam unggahan tersebut, Afi mengutarakan pendapatnya bahwa mayoritas orang memeluk suatu agama dikarenakan orang tua ataupun keluarga besarnya memeluk keyakinan tersebut.

Sebagian orang merasa unggahan tersebut benar, sementara sebagian lain merasa kontra dan berbondong-bondong mengunggah tulisan balasan melalui media sosial maupun blog atas unggahan Afi tersebut. Dari unggahan tentang itu pula, Afi kemudian menjadi perbincangan panas di dunia maya, kemudian mengantarkannya bertemu tokoh-tokoh penting dan diundang pada acara talk show televisi.

  • Status Meditasi Facebook

status meditasi facebook

Unggahan status Facebook Afi Nihaya yang viral selanjutnya adalah tentang “meditasi Facebook” di mana kurang lebih berisi tentang apa yang ditampilkan seseorang di dunia maya, terlebih di sosial media belum tentu merupakan fakta sesungguhnya. Mereka yang mengenal secara non personal merupakan juri yang menilai dari sedikit yang mereka ketahui.

Status Facebook Afi yang satu ini juga tidak kalah ramai dibagikan dan diperdebatkan. Seperti biasa, sebagian pro dan sisanya kontra. Mereka yang pro merasa related dengan status tersebut karena sering dihakimi oleh orang lain di dunia maya melalui yang mereka unggah. Sementara yang kontra berpikir bahwa wajar melakukan penilaian demikian.

  • Status Tentang Kritik Pada Pemerintahan

Status Tentang Kritik Pada Pemerintahan

Dalam status yang satu ini, Afi mengibaratkan pengkritik pemerintah adalah mereka yang tetap tinggal dengan keluarga tetapi tidak senang dengan peraturan yang diberlakukan. Padahal tinggal di mana pun itu, akan selalu ada peraturan yang harus dipatuhi, sehingga tidak tepat jika tetap tinggal di suatu negara namun begitu membenci pemerintahnya.

  • Status Belas Kasih Dalam Agama

Melalui status yang viral inilah kemudian Afi diketahui kerap melakukan plagiasi dari status orang lain dengan merombaknya sedikit, kemudian mengunggahnya kembali di akun Facebook pribadinya. Kolase gambar di bawah ini membuktikan tingkat kesamaan status mencapai 90% di mana prosentase tersebut dalam dunia literasi layak disebut plagiat yang kemudian membuatnya dibenci.

Status tersebut menyinggung perihal doktrin perilaku kasar yang dilakukan para oknum yang mengaku berjihad dan menyakiti non-muslim. Ia menyoroti bahwa Tuhan saja Maha Pemaaf, sehingga seharusnya manusia tidak menyakiti sesamanya hanya karena perbedaan pendapat atau keyakinan yang menimbulkan krisis toleransi yang ekstrem selama beberapa waktu terakhir.

  • Status Permintaan Maaf

Setelah bukti hampir semua unggahan bijaknya di akun Facebook merupakan hasil plagiarisme, Afi Nihaya kemudian menuliskan permintaan maaf secara resmi di akun pribadinya yang juga kemudian menjadi viral. Status tersebut menjadi titik balik di mana kemudian netizen tidak lagi menaruh perhatian lebih pada status-status remaja SMA tersebut.

Share this post:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •